Kalimantan Tengah

Berikut Topik yang Diangkat Pada Rakorda Program Bangga Kencana Tahun 2021

FOTO : Sekretaris Daerah Kalteng, Fahrizal Fitri saat membacakan Sambutan tertulis gubernur Kalteng pada Rakorda Program Bangga Kencana tahun 2021 di Swiss Bellhotel Danum Palangka Raya, Rabu (24/2/2021).

PALANGKA RAYA – GERAKKALTENG.COM – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri mewakili gubernur H. Sugianto Sabran membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) tahun 2021 di Swiss Bellhotel Danum Palangka Raya, Rabu (24/02/2021).

Kegiatan kali ini mengusung tema Tema Meningkatkan Strategi Dalam Rangka Percepatan Implementasi Program Bangga Kencana Melalui Lintas Sektor di Masa Pandemi Covid-19.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalteng, Muhammad Irzal dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakorda penting karena memberi kesempatan untuk menyusun dan menyepakati berbagai kebijakan strategis dan langkah operasional program pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana dtahun 2021 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

“Rakorda Bangga Kencana Kalteng tahun 2021 merupakan momentum yang tepat untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI H. Joko Widodo tentang target penurunan stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024. BKKBN RI berperan penting mengendalikan pencegahan stunting dan secara luas untuk melaksanakan Program Bangga Kencana di setiap provinsi di Indonesia,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kalteng, Fahrizal Fitri menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala BKKBN RI, Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur pelaporan dan statistik BKKBN RI Rudy Budiman yang berkenan hadir secara virtual dan memberikan arahan kepada pada acara Rapat Koordinasi Daerah Program Bangga Kencana.

“Hal ini menunjukan komitmen dan perhatian terhadap Program Bangga Kencana di Provinsi Kalimantan Tengah Ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dan telah memukul berbagai sendi kehidupan baik kesehatan, sosial dan ekonomi masyarakat khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah, saya memberi apresiasi atas momentum diselenggarakannya Rapat Kerja Daerah ini,” tambahnya.

Fahrizal Fitri menyampaikan Pemprov. Kalteng sepenuhnya menyambut baik kebijakan tersebut, dengan menggerakkan seluruh instansi Perangkat Daerah yang tugas fungsinya terkait dengan permasalahan stunting untuk bekerja sama dengan BKKBN Kalteng dalam melakukan akselerasi program dan melakukan upaya-upaya yang inovatif dalam rangka menurunkan angka stunting di Kalteng.

Lebih lanjut Fahrizal Fitri mengutarakan berbagai indikator terkait stunting harus menjadi perhatian mulai dari yang bersifat universal seperti indeks pembangunan manusia, angka harapan hidup, waktu lamanya bersekolah dan lain-lain, sampai dengan indikator yang bersifat spesifik seperti angka kematian ibu melahirkan, angka kematian bayi baru lahir, perkawinan usia anak, indeks pembangunan gender dan lain lain.

“Berarti target penurunan stunting harus menjadi pendorong bagi upaya-upaya pembangunan lainnya terutama dalam Program-Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana”, pungkas Fahrizal.

Fahrizal Fitri berharap Rakorda ini menghasilkan kesepakatan, perencanaan dan terutama target capaian yang terukur untuk menjadikan Kalteng yang semakin Berkah.

Fahrizal Fitri yang juga pembicara dengan topik penurunan angka stunting dan tantangannya di Kalteng. Hadir Narasumber lainnya yakni Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong yang membawakan materi tentang Pembangunan Daerah melalui program Bangga Kencana di Kabupaten Gunung Mas.

Turut hadir Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, Kepala Perangkat Daerah/ Istansi vertikal Prov. Kalteng, Pimpinan Universitas serta tamu undangan. (Kominfo/SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!