DPRD KatinganKatingan

Bupati Katingan: Bakar Sampah Bisa Ditangkap Polisi

Pesan ini disampaikan orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini saat menghadiri peresmian pos Babinsa di Hampalit Kereng Pangi, Rabu, (3/3/2021).

Kasongan – Bupati Katingan Sakariyas mengingatkan warganya agar selalu berhati-hati dalam membakar sampah.

Pesan ini disampaikan orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini saat menghadiri peresmian pos Babinsa di Hampalit Kereng Pangi, Rabu, (3/3/2021).

“Kelihatannya kita ini memasuki kemarau, dan bagi warga masyarakat agar selalu hati-hati membakar sampah,” ujarnya.

Pasalnya kegiatan membakar sampah, terutama pada musim kemarau itu akan terpantau oleh satelit. “Bisa-bisa ditangkap oleh polisi,” tegasnya.

Menurutnya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla menjadi atensi pemerintah pusat dan bahkan dunia.

Pasalnya dampak yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan dan lahan menyebabkan kabut asap sehingga selain mengganggu kesehatan umat manusia maupun makhluk hidup lainnya juga menyebabkan terganggunya arus transfortasi baik darat, udara maupun sungai atau laut.

Saat ini secara umum di wilayahnya masih aman dari kebakaran hutan dan lahan. Selain masalah Karhutla, Sakariyas juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menjauhi kerumunan.

Pasalnya saat ini kasus positif Covid-19 di daerah terus mengalami peningkatan meski tidak jarang pula dibarengi dengan warga yang sembuh.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!