DPRD Gunung MasGunung Mas

Disdikpora Gumas Gelar Bimtek Khusus Guru Honorer

”Bimtek ini sangat bermanfaat bagi para guru honorer, untuk lebih meningkat kemampuan dan mempersiapkan diri mengikuti seleksi PPPK pada tahun 2021, sesuai tuntutan profesi,” ucap Bupati Gumas Jaya S Monong, di GPU Damang Batu, Jumat (30/4/2021).

GERAKKALTENG.com – KUALA KURUN – Ikatan Guru Indonesia (IGI) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar bimbingan teknis (bimtek) kepada guru-guru honorer se Kabupaten Gumas, sebagai persiapan mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) tahun 2021.

”Bimtek ini sangat bermanfaat bagi para guru honorer, untuk lebih meningkat kemampuan dan mempersiapkan diri mengikuti seleksi PPPK pada tahun 2021, sesuai tuntutan profesi,” ucap Bupati Gumas Jaya S Monong, di GPU Damang Batu, Jumat (30/4/2021).

Pada tahun 2021, kata dia, Kabupaten Gumas memperoleh kuota tenaga guru PPPK dari Pemerintah Pusat sebanyak 764 orang. Kuota itu lebih banyak dari jumlah guru honorer. Capaian ini merupakan suatu terobosan baru bagi dunia pendidikan di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

”Dengan banyaknya kuota yang diperoleh, tentu ini dapat menjadi kesempatan untuk guru kita, agar diangkat jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) PPPK, selama mereka bisa lolos dalam seleksi,” ujarnya.

Dia mengatakan, agar lolos seleksi diperlukan berbagai persiapan yang matang, baik dari segi akademis maupun psikologis. Untuk itu, diminta kepada peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti bimtek ini, baik yang dilaksanakan dalam ruang belajar maupun bimbingan online.

”Kami pun berharap IGI sebagai salah satu organisasi profesi guru, dapat terus konsisten melakukan pelatihan yang sifatnya untuk peningkatan kompetensi guru, terus menjalin sinergitas dengan disdikpora, dan organisasi profesi lain,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Panitia Yono menuturkan, bimtek ini bertujuan memandu para guru honorer mempunyai dan mengaktifan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB). Diharapkan mereka bisa belajar mandiri setelah mengikuti bimtek, serta diterima menjadi PPPK tahun 2021.

”Kami berharap guru honorer tersebut mampu memanfaatkan akun SIMPKB secara maksimal, dan membantu mereka untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi PPPK tahun 2021,” terangnya.

Dia menuturkan, bimtek ini dilaksanakan di empat lokasi, yakni GPU Damang Batu, SMPN 1 Kurun, SMKN 1 Kurun, dan SMA Katolik Kuala Kurun. Dengan narasumber, Kepala Badan Kepegawaian dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Guanhin, dan Dewan Pakar IGI Pusat juga Ketua Dewan Pembina IGI Kalteng Rusnani.

”Selain itu, juga ada instruktur sebanyak 12 orang, yang terdiri dari delapan orang guru dan empat orang dari disdikpora. Pelaksanaannya dengan tatap muka dan dilanjutkan online secara mandiri, dengan asumsi setiap hari belajar selama dua jam,” katanya. (yog/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *