DPRD Pulang PisauPulang Pisau

Hasil Bimtek DLH Mampu Cegah Karhutla

"Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau bersama 15 kabupaten lainnya dari beberapa provinsi di Indonesia, mengirimkan petugas untuk mengikuti Bimtek Penyusunan Dokumen Peta Risiko Bencana yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana mulai 22 sampai 27 Juli 2019 di Jakarta," ujarnya.

PULANG PISAU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Dokumen Peta Resiko Bencana yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tanggal 22 hinga 27 Juli 2019 di Jakarta.

Kepala DLH Kabupaten Pulang Pisau, Wartony mengatakan, kegiatan Bimtek dalam rangka pencegahan dan kesiapsiagaan bencana, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.

“Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau bersama 15 kabupaten lainnya dari beberapa provinsi di Indonesia, mengirimkan petugas untuk mengikuti Bimtek Penyusunan Dokumen Peta Risiko Bencana yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana mulai 22 sampai 27 Juli 2019 di Jakarta,” ujarnya.

Menurutnya, kemampuan teknis diperlukan dalam rangka menyusun kajian risiko bencana. Karena itu lanjutnya,  Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menugaskan 1 orang dari DLH yang memiliki keahlian di bidang pemetaan/GIS dan 1 orang Tim Reaksi Cepat BPBD untuk mengikuti kegiatan Bimtek ini.

Lanjutnya, output dari kegiatan tersebut diharapkan petugas bisa berkolaborasi menyiapkan dokumen peta risiko sebagai bahan kajian risiko bencana termasuk yang menjadi fokus saat ini, yakni bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sampai dengan sekarang masih dalam penanganan oleh Tim Terpadu Kabupaten Pulang Pisau.

“Kita harapkan, dokumen peta yang tersusun bisa menjadi bahan pengambil keputusan dan tindakan dalam penanggulangan bencana, khususnya kebakaran hutan dan lahan. Sehingga kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan efektif dan efisien serta mengacu pada dokumen peta risiko bencana yang telah disusun,” tandasnya. (hrs)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!