HEADLINEKalimantan TengahKalteng BerkahKatingan

Fahrizal Fitri : Utamakan Pencegahan Karhutla

“Prioritas kita adalah mencegah kebakaran, baru ada tindakan”, tutur Fahrizal Fitri.

GERAKKALTENG.com – KASONGAN – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri mengatakan mengahadapi musim kemarau, Prioritas utama penanganan Karhutla adalah mencegah kebakaran.Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah saat melakukan pengecekan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), bertempat di Jl.Tjilik Riwut km.5, Kasongan- Palangka Raya, Minggu (30/5/2021).

“Prioritas kita adalah mencegah kebakaran, baru ada tindakan”, tutur Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri menghimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan pembersihan lahan agar sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Kalteng tentang Pedoman Pembukaan Lahan dan Pekarangan bagi Masyarakat di Kalteng.

“Menghadapi musim kemarau, kita tidak ingin ada pembakaran tanpa perizinan, karena secara Pergub sudah diatur. Didalam Pergub tersebut, Daerah-Daerah yang termasuk wilayah adat, diperkenankan melakukan pembakaran dengan persyaratan tertentu”, jelas Fahrizal Fitri.

“Jika ada kebakaran yang besar dan tidak terkendali, maka penegakan hukum akan kita lakukan. Kita tidak ingin masyarakat kita terkena pidana hukum. Kita lakukan pembukaan lahan dengan kearifan lokal atau ramah lingkungan,” ujarnya.

Fahrizal Fitri menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah termasuk TNI/Polri yang kedepannya akan secara berjenjang melakukan sosialisasi kepada semua masyarakat mengenai bahaya Karhutla.

Nampak hadir dalam pengecekan yakni Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T. Litang serta Kepala Perangkat Daerah terkait. Hadir juga Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo beserta jajaran dari Polda Kalteng. (Kominfo/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!