DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Pemkab Bangun Rumah Singgah untuk Gelandangan

“Saya sudah instruksikan Plt Sekda sebagai koordinator bersama Dinas Sosial dan pihak terkait untuk segera mewujudkan rumah singgah,” kata Bupati Kotim, Halikinnor, Selasa (25/5/2021).

SAMPIT – Pemerintah Kotawaringin Timur (Kotim) segera membangun rumah singgah untuk tempat pembinaan para gelandangan, pengemis dan pengamen. Keberadaan rumah singgah dinilai penting, sebab sejauh ini anak jalanan dan pengemis semakin marak di daerah tersebut.

“Saya sudah instruksikan Plt Sekda sebagai koordinator bersama Dinas Sosial dan pihak terkait untuk segera mewujudkan rumah singgah,” kata Bupati Kotim, Halikinnor, Selasa (25/5/2021).

Bupati mengatakan, selama ini keberadaan anak jalanan dan pengemis di Kota Sampit sudah sering ditertibkan, namun baru ke luar dari ruang Satpol PP sorenya mereka kembali melakukan hal yang sama.

“Petugas Satpol PP sudah sering menertibkan anak jalanan dan pengemis itu. Dan mereka sudah membuat surat perjanjian, tapi mereka (gepeng red) kembali meminta-minta,” tandasnya.

Dikatakan Halikinnor, rumah singgah tersebut sebagai langkah dari pemerintah daerah untuk mengatasi agar anak jalanan yang diamankan bisa diberikan pembinaan. Hal itu dilakukan supaya gepeng bisa kembali hidup normal layaknya orang lain. Oleh karena itu, keberadaan rumah singgah di Kotim sangat dibutuhkan.

“Rumah singgah itu bisa sebagai tempat untuk memaksimalkan pembinaan dan rehabilitasi gepeng,” tandasnya.  Halikinnor juga berharap, agar masyarakat juga tidak membiasakan diri memberikan uang kepada mereka. Hal itu dilakukan agar tidak membuat mereka semakin terus menerus melakukan aksinya.

Diketahui, anak jalanan, pengemis, anak punk, serta pengamen saat ini banyak beroperasi di sejumlah titik jalan kawasan perkotaaan Sampit. Diduga banyaknya pengemis dan pengamen di daerah tersebut ada terjadi eksploitasi anak. (sog/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *