Kalimantan Tengah

Program Bantuan Sosial Pemerintah Pusat di Salurkan

FOTO : Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. Nuryakin meluncurkan program Bantuan Sosial Beras dan Bantuan Sosial Tunai bagi Keluarga Penerima Manfaat seperti Program Keluarga Harapan dan Bantuan Sosial Tunai, Minggu (25/7).

GERAKKALTENG.COM – PALANGKA RAYA – Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. Nuryakin meluncurkan program Bantuan Sosial Beras dan Bantuan Sosial Tunai bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST), bertempat di Lobby Kantor Gubernur Kalteng, Minggu (25/7).

Bansos ini merupakan bantuan dari PT Pos dan Perum Bulog Divisi Regional Kalteng untuk Penanganan dampak bencana non alam wabah Covid-19 di Provinsi Kalteng. Program bantuan ini merupakan bagian dari Program Perlindungan Sosial Masyarakat yang ditujukan kepada masyarakat miskin atau terdampak Covid-19, khususnya bagi yang terdaftar sebagai penerima Program Bantuan Sosial dari Pemerintah Pusat, seperti PKH dan BST.

Pj. Sekda mengucapkan, terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang melalui Kementerian Sosial RI telah memberikan perhatian dan bantuan dalam upaya penanganan dampak sosial wabah Covid-19, untuk masyarakat di wilayah Provinsi Kalteng.

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi dan Masyarakat Kalimantan Tengah mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo yang melalui Kementerian Sosial RI telah memberikan perhatian dan bantuan dalam upaya penanganan dampak sosial wabah Covid-19. Sehingga masyarakat di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah bisa mendapatkan Bantuan Sosial Beras dan Bantuan Sosial Tunai yang hari ini di Launching dan secara simbolis akan disalurkan kepada masyarakat penerima bantuan,” ucap Nuryakin saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

H. Nuryakin berharap bantuan sosial ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi. Diharapkan warga masyarakat yang menerima Bantuan Sosial Beras dan Bantuan Sosial Tunai agar memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan pokok keluarga.

Pada saat ini Kalteng mendapatkan alokasi Bantuan Sosial Beras untuk Penerima Bantuan Sosial PKH sebanyak 46.906 KPM dan alokasi Penerima Bantuan Program BST sebanyak 47.806 KPM. Masing-masing KPM akan mendapatkan 10 kg beras selama satu bulan. Untuk KPM BST akan mendapatkan uang sebanyak Rp 300.000 per bulan yang langsung diberikan untuk dua bulan alokasi, yakni Mei dan Juni.

Sebagai informasi, persyaratan pengambilan/penerimaan BST wajib menunjukan KTP-el atau Kartu Keluarga asli. Selain itu, menjaga protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan hindari kerumunan. Penggunaan dana BST 2021, untuk kebutuhan pangan/sembako tidak diperkenankan membeli rokok, minuman keras dan narkotika. Penyaluran dana BST 2021 diberikan tanpa ada potongan apapun dari pihak mana pun.

Hadir Plt. Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng Farid Wajdi, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait dan Pimpinan PT. Pos Indonesia Kota Palangka Raya. (Sog/Sbt)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *