Katingan

5.655 Rumah di Katingan Terdampak Banjir

Roby mengatakan jika banjir di wilayahnya seperti banjir bandang yang bergeser terus mulai dari wilayah hulu hingga ke hilir.

Kasongan – Sebanyak 5.655 rumah di 7 wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan terdampak banjir. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Roby mengatakan ini, Rabu, (25/8/2021).

“Sampai hari ini menurut catatan kami yang terdampak banjir sejak 19 sampai 25 Agustus 2021 jumlah rumah tidak kurang dari 5.655 buah di beberapa wilayah kecamatan seperti Katingan Hulum Marikit, Sanaman Mantikei, Katingan Tengah, Pulau Malan dan Kecamatan Tewang Sanggalang Garing,” ujarnya.

Sedangkan Kecamatan Katingan Hilir dan Kecamatan Tasik Payawan belum termasuk, karena wilayah itu baru hari ini mulai kebanjiran. Jumlah itu, diasumsikan untuk satu rumah satu kepala keluarga.

Roby mengatakan jika banjir di wilayahnya seperti banjir bandang yang bergeser terus mulai dari wilayah hulu hingga ke hilir.

“Saat ini banjir di bagian hulu sudah mulai surut, seperti di Katingan Hulu, Marikit dan Sanaman Mantikei, tapi di Katingan Tengah masih bertahan meski ada penurunan debit air,” katanya.

Saat ini wilayah Kecamatan Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing dan Katingan Hilir masih dilanda banjir.

Bahkan jalan kabupaten di wilayah Manduing Kecamatan Pulau Malan terputus akibat tingginya genangan air yang mencapai lebih satu meter di jalan Desa Manduing. Bahkan di wilayah Kecamatan Pulau Malan ini semua desa yang ada terdampak banjir.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!