Barito TimurHEADLINE

Berharap Warga Bartim Mau Beternak

"Ayam pedaging dipelihara 25 hari sudah bisa panen. Sedangkan ikan 6 bulan baru bisa panen, apalagi babi dan sapi agak lambat untuk mendapatkan hasilnya," ucap Ampera A.Y Mebas, Jumat (11/3/2022).

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas

GERAKKALTENG.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas mengharapkan masyarakat setempat untuk memelihara ternak, baik kerbau, babi, sapi, domba, kambing, bebek atau pun ayam.

Bupati mengatakan, memelihara ternak yang paling cepat dan bisa menghasilkan apabila dikerjakan dengan serius dan telaten adalah ternak ayam pedaging.

“Ayam pedaging dipelihara 25 hari sudah bisa panen. Sedangkan ikan 6 bulan baru bisa panen, apalagi babi dan sapi agak lambat untuk mendapatkan hasilnya,” ucap Ampera A.Y Mebas, Jumat (11/3/2022).

Ia menjelaskan, program tanam jagung komposit yang dicanangkan pemerintah Daerah ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak ayam yang ada di Kabupaten Barito Timur.

“Dengan tersedianya pakan ternak, maka diharapkan akan memunculkan minat masyarakat untuk mencoba memelihara ayam yang lebih cepat menghasilkan dibandingkan ternak lain,” ujar bupati.

Pasalnya, ujar bupati, dikarenakan harga pakan ternak yang diproduksi di Kabupaten Barito Timur harganya lebih terjangkau, dibandingkan harga pakan dari luar Barito Timur.

Dikatakan bupati, berdasarkan hasil data dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur akan menanam kurang lebih 968 hektare jagung komposit.

“600 hektare bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan 368 hektare menggunakan anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur,” pungkasnya. (Ags/anggra)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *