DPRD Gunung MasGunung Mas

Persiapan Dini Hadapi Dampak Kemarau Panjang

BERPOSE: Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar bersama koleganya saat berfoto bersama dengan rekannya dikantor dewan setempat. Foto Red

GERAKKALTENG. com – Kuala Kurun- Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Akerman Sahidar mengingatkan semua pihak untuk melakukan persiapan dalam menghadapi musim kemarau. Pasalnya, ditahun 2022 ini diprediksi akan terjadi kemarau cukup panjang. Berkaitan hal itu,

“Kami mendorong Pemkab Gumas untuk aktif berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Terutama terkait bantuan alat pemadam kebakaran tambahan bagi daerah,” ungkapnya, Rabu (4/5).

Upaya yang bisa dilakukan kata dia yaitu menanyakan apakah ada bantuan alat pemadam kebakaran (Damkar), mengingat idealnya setiap kecamatan tersedia mobil Damkar, terutama bagi daerah yang menjadi langganan kebakaran di musim kemarau.

Politikus dari PDI Perjuangan di Gumas ini optimis, jika Pemkab Gumas menyampaikan hal tersebut bisa dibantu pemerintah pusat, karena selaras dengan kebijakan untuk menyelesaikan persoalan asap akibat kebakaran lahan.

“Saya yakin pemerintah pusat setuju dengan hal ini. Tergantung kepiawaian mengajukan ke pusat. Bantuan bisa dialokasikan melalui dana DAK,” ujar dia.

Tak hanya itu legislator dari dapil-II ini menyebut, kejadian luar biasa mengenai dampak kabut asap setidaknya bisa membuka mata pemerintah pusat. Seperti dialami tahun-tahun sebelumnya, karena sangat berdampak kepada negara lain.

“Tak bisa dipungkiri, imbas dari asap itu, bukan hanya skala nasional namun berimbas ke pada negara tetangga. Maka itu, kalau adanya usulan pengadaan alat damkar, kemungkinan bisa dikabulkan dan bisa di berikan ke kecamatan,” tukasnya.(sst/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *