DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Perkuat Nilai-nilai Pancasila untuk Anak Didik Sejak Dini

Foto : Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto mengatakan, pentingnya memperkenalkan nilai-nilai Pancasila kepada anak sejak dini.

“Dalam Pancasila terdapat lima nilai pengajaran yang tinggi, seperti Ketuhanan, Kemanusiaan, Musyawarah, Persatuan dan Nilai Sosial,” ungkapnya,Senin (18/7/2022), di Palangka Raya.

Tidak bisa dipungkiri sambung Sigit, Pancasila sebagai lambang dan dasar negara Indonesia, sudah teruji sampai sekarang. “Pancasila sudah menjadi aktualisasi dan reaktualisasi dari bangsa, jadi harus dipedomani dan diajarkan kepada anak-anak usia dini,”tambahnya.

Lebih jauh Ketua Assosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) ini mengatakan, dengan mempedomani dan mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak usia dini, maka para generasi penerus itu akan menjadi respek, empati, dan simpati di tengah kehidupan yang beragam. Terlebih Pancasila telah teruji melintasi zaman, bahkan mampu menjawab tantangan bangsa ke depan.

“Pancasila sudah teruji sampai sekarang. Bagi saya, Pancasila sudah menjadi aktualisasi dan reaktualisasi dari bangsa, jadi harus dipedomani dan diajarkan kepada anak-anak usia dini,” tambah Sigit.

Selebihnya politikus PDI-Perjuangan ini mengungkapkan, masalah informasi dan pendidikan dapat menjadi hal terpenting untuk menanggulangi paham-paham yang bersebrangan dengan Pancasila. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan digital, informasi dapat menjadi pintu segala penyimpangan paham.

“Mari kita bersama selaku anak bangsa untuk merawat Pancasila. Terus perkuat kembali pendidikan Pancasila untuk menangkal penyimpangan paham, yang dapat melemahkan persatuan dan kesatuan bangsa,”tutup Sigit.(VD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *