Kotawaringin Timur

Tingkatkan PAD Kotim dari Sektor Pelabuhan

SAMPIT- Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menyampaikan, sektor kepelabuhanan berpotensi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Hal ini ia sampaikannya usai mengikuti peringatan Hari Perhubungan Nasional 2022 di Sampit, Senin (19/09/2022).

“Kita berharap pelabuhan-pelabuhan di Kotim bisa ditingkatkan sehingga akan berkontribusi besar terhadap pendapatan asli daerah kita”, kata Halikin.

Katanya, saat ini ada Pelabuhan Sampit dan Pelabuhan Bagendang yang dikelola oleh PT Pelindo III, ada juga Dermaga Pelangsian yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan. Pelabuhan itu telah dihibahkan kepada pemerintah daerah untuk dikelola.

Halikin berharap, kedepannya Dermaga Pelangsian bisa dikembangkan menjadi pelabuhan laut untuk mendukung peningkatan aktivitas bongkar muat barang dan penumpang.

“Kalau sudah menjadi pelabuhan laut, kita akan perpanjang dan akan kita lebarkan lagi supaya bisa buat barang maupun penumpang”, ucapnya.

Selain itu, Pemkab Kotim juga sudah merencanakan mengeruk alur Sungai Mentaya.

“Jika alur bisa dilalui 24 jam penuh tanpa terhambat pasang surut sungai, maka aktivitas kepelabuhanan akan meningkat dan bisa mendongkrak PAD”, jelasnya.

Selain pelabuhan, upaya lain yaitu rencana pengembangan Bandara Haji Asan Sampit dengan menambah panjang landasan pacu atau runway bandara.

“Diharapkan pada 2023 dapat terlaksana, sehingga aktivitas penerbangan di daerah ini semakin meningkat dan turut memacu pertumbuhan perekonomian daerah”, tandasnya. (Tommy Barito/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *