EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Kurikulum Sekolah Penggerak Dinilai Lebih Inovatif

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Kurikulum Sekolah Penggerak atau KSP berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter. Hal itu diawali dengan SDM (kepala sekolah dan guru) yang unggul.
“Sekolah penggerak itu model pembelajarannya tidak monoton, jadi dia boleh belajar di alam atau menggunakan alat peraga dalam bentuk apapun tidak hanya mengajar di papan tulis saja,” kata Fasilitator Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Tengah, Rusnanie, Senin, 31 Oktober 2022.
Program Sekolah Penggerak ujarnya berbeda dengan program sekolah model atau sekolah rujukan. Program Sekolah Penggerak merupakan program kolaborasi antara Kemendikbud Ristek dengan Pemerintah Daerah (Pemda).
“Sekolah penggerak juga terdiri dari 5 jenis intervensi yang terintegrasi berupa pendampingan konsultatif dan asimetris kepada Pemda, pelatihan dan pendampingan kepala sekolah dan guru, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah,” sebutnya.
Serta memiliki ruang lingkup untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SLB, baik sekolah negeri dan swasta mencakup seluruh kondisi serta dilakukan secara berkelanjutan, hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi sekolah penggerak. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *