DPRD Gunung Mas

Ritual Tiwah Diharapkan Membawa Berkah

KUALA KURUN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) berharap dengan digelarnya upacara tiwah massal di Desa Tumbang Hakau, Kecamatan Kurun dapat membawa berkah bagi masyarakat di wilayah setempat.

Anggota DPRD Gumas, Polie L Mihing mengungkapkan, dengan diperkenalkannya budaya daerah Kalteng, khususnya Gumas yang berjuluk Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini, maka Ritual Tiwah dapat membawa berkah. Khususnya bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan tersebut.

“Adanya ritual Tiwah Massal ini, kita harapkan dapat membawa keberkahan bagi masyarakat Gumas. Sekaligus memperkenalkan budaya leluhur kita yang hidup dan berkembang dalam keragaman agama dan budaya,” ucap Polie L Mihing, Minggu (16/10/2022).

Ia juga mengatakan, hal tersebut menjadi dasar tanggungjawab yang harus diaktualisasikan sebagai perwujudan cinta kasih serta adanya penghargaan yang tinggi terhadap nilai-nilai kehidupan adat di Kalteng.

Terlebih, masyarakat Dayak utamanya umat Kaharingan, bahwa kehidupan itu harus dikembalikan kepada sang pencipta. Nilai norma inilah yang mendasari terselenggaranya upacara Tiwah yang melahirkan nilai, norma, hukum dan aturan kemasyarakatan.

“Mari kita perkenalkan peradaban dan budaya dari leluhur kita ini, kepada masyarakat, serta wisatawanan mancanegara dan nusantara, agar mereka tau tujuan dilakukannya Tiwah ini,” tandas dia. (san/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!