DPRD Gunung Mas

Sewa Alsintan Hingga Peralihan Usaha PETI jadi Perhatian Dewan Gumas

KUALA KURUN – Aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang masih kerap terjadi di kabupaten Gunung Mas (Gumas) menjadi perhatian jajaran DPRD setempat. Pihak Pemkab Gumas diminta mencari alternatif lapangan pekerjaan berbasis pertanian dan perikanan sebagai pengganti aktivitas PETI.

Anggota DPRD Gumas Carles Prenky mengatakan, Pemkab harus segera menciptakan alternatif lapangan kerja bagi masyarakat yang berbasis pertanian, perikanan dan peternakan. Hal ini juga untuk mendukung Smart Agro sesuai visi misi pemerintah saat ini.

“Tujuannya agar mengalihkan aktivitas PETI yang selama ini masih dilakukan masyarakat. Pemerintah juga harus memiliki solusi untuk ini” jelasnya, Selasa (17/1/2023).

Hal lain yang juga perlu diperhatikan menurutnya, yaitu revisi Perda Sewa Alsintan. Hal ini harus disesuaikan, salah satunya karena harga BBM yang kurang stabil.

“Dispertan kalau bisa direvisi sewa alsintan, karena sudah tidak sesuai dengan kondisi dan harga BBM yang berlaku saat ini” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, selain harga BBM maka perbaikan alsinta juga perlu diperhatikan. Sehingga, dalam proses pemeliharaan dapat terawat dengan sebaik mungkin dan perlu dilakukan revisi terkait satuan penambahan harga sewa. (rik/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!