HEADLINEKatingan

Melalui Program Pelatihan SIKS-NG Diharapkan Bansos Bisa Tepat Sasaran

Dalam sambutanya Sekda mengatakan, bahwa adanya pelatihan SIKS-NG ini merupakan sebagai upaya untuk mendukung implementasi Satu Data Indonesia (SDI) dalam penanganan kemiskinan di Indonesia.

Kasongan – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Katingan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Katingan melaksanakan kegiatan pelatihan teknis Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG), rabu (15/3/2023) di aulan lantai II Bapelitbang Kasongan.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Seketaris Daerah (Sekda) Katingan Pransang.

Dalam sambutanya Sekda mengatakan, bahwa adanya pelatihan SIKS-NG ini merupakan sebagai upaya untuk mendukung implementasi Satu Data Indonesia (SDI) dalam penanganan kemiskinan di Indonesia.

“SDI itu berupa Peraturan Presiden (perpres) nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, yang di dasari oleh dorongan atas kebutuhan terhadap data yang valid dan akuntabel, termasuk dalam penanganan kemiskinan,”Ujar Sekda.

Kemudian lanjut Sekda, berkaitan dengan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan ini tentu berkaitan dalam penangan kemiskinan yang dimana para peserta yang ikut dalam kegiatan ini nantinya akan dibekali bagaimana menyedia dan mengolal data kemiskinan di wilayahnya masing-masing.

Menurut Sekda, dengan adanya pelatihan ini akan mampu memberikan kemampuan pemahaman kepada para peserta yang mewakili desa nya masing-masing agar penerima bantuan sosial nantinya bisa tepat sasaran.

“Yang dijalankan kalian nantinya merupakan data, sehingga hal ini berkaitan dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), karenan SIKS-NG ini merupakan salah satu indikator dalam domain SPBE terkait manajemen data,”Ucap Sekda saat menyampaikan sambutannya.

“Melalui data yang terpadu, valid dan akurat maka mulai dari proses perencanaan hingga pelaksanaan, maka program penanganan kemiskinan akan dapat tepat sasaran melalui bantuan-bantuan yang diberikan,”Tambahnya.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!