Gunung Mas

Pemkab Gumas Salurkan Bantuan Pangan Untuk Ribuan Warga PKM

KUALA KURUN – Ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) di Gunung Mas yang mendapatkan bantuan pangan dari pemerintah pusat.

“Untuk Kabupaten Gunung Mas kami ada 2.834 KPM yang mendapatkan bantuan pangan dari program penyaluran cadangan pangan dari pemerintah tahun 2023 dalam hal ini yang didistribusikan yakni beras,” ujar Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Eigh Manto, Minggu, (16/4/2023).

Dijelaskannya, bahwa penyaluran bantaun pangan berupa beras tersebut akan dilaksanakan selama tiga bulan, yakni Bulan Maret, April dan Mei. Setiap KPM mendapatkan bantuan sebanyak 10 kilogram beras.

“Penyaluran tahap pertama sudah kami mulai pada tanggal 12 April 2023 untuk Bulan Maret, dan bantuan tahap satu ini kami upayakan selesai sebelum Hari Raya Idulfitri,” jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa data penerima bantuan tersebut diperoleh dari pemerintah pusat yang sudah diverifikasi. “Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan empat instansi, yakni Dinas Sosial, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan sebagai pendamping dan pengawas program ini, untuk logistik disediakan oleh Bulog, dan untuk distribusinya akan dilaksanakan oleh PT. Pos Indonesia,” papar Eigh Manto.

Ia berharap, penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk bantaun pangan 2023 ini bisa membantu masyarakat khususnya di Kabupaten Gunung Mas dan menekan inflasi yang sedang terjadi.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk Kecamatan Damang Batu ada 66 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Kecamatan Kahayan Hulu Utara ada 289 KPM, Miri Manasa ada 110 KPM, Tewah ada 527 KPM, lalu Kecamatan Manuhing ada 318 KPM, Manuhing Utara ada 258 KPM.

Kemudian Kecamatan Rungan ada 152 KPM, Rungan Barat ada 145 KPM, Rungan Hulu ada 154 KPM, Kecamatan Kurun ada 531 KPM, Mihing Raya ada 108 KPM dan Kecamatan Sepang ada 176 KPM. (rik/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!