DPRD Kota Palangka Raya

Perlu Berkolaborasi Cegah Karhutla

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Anggota DPRD Palangka Raya, Rusdiansyah mengingatkan masyarakat kota setempat untuk selalu berhati-hati dan waspada saat beraktivitas menggunakan api. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kondisi cuaca saat ini semakin terasa panas.

“Suhu cuaca panas yang terasa dapat memicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” katanya, Senin (15/5/2023).

Terlebih lanjut Rusdiansyah, bagi warga yang kebiasaannya merokok, maka jangan sembarangan membuang puntung rokok yang masih menyala. Apalagi bila puntung rokok yang dibuang mengenai semak belukar, maka berbahaya dan dapat mengakibatkan karhutla.

Lebih lanjut Wakil Ketua I Komisi A DPRD Palangka Raya ini meminta masyarakat, untuk berperan aktif apabila menemukan titik api di wilayahnya masing-masing. Segera melaporkan ke pihak yang berwenang. Seperti menginformasikan ke pihak Bhabinkamtibmas, relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dan lainnya.

Lebih lanjut legislator dari PKB ini juga mendorong agar Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), harus terus menyosialisasikan antisipasi terjadinya karhutla. Apalagi saat ini akan memasuki musim kemarau.

“Optimalkan sosialisasi dan edukasi. Termasuk gencar menginformasikan dan mengingatkan akan pentingnya kewaspadaan karhutla. Baik melalui media massa, spanduk maupun imbauan bentuk lainnya,”ujarnya menambahkan.

Selebihnya Uwah begitu Rusdiansyah akrab disapa mengungkapkan, karhutla tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi perlu ada kesadaran masyarakat untuk berkolaborasi mencegah karhutla.(Red/Vd/*).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!