Kalimantan Tengah

Wagub Ingatkan Hardiknas Jadi Momentum Semangat Belajar

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur, H. Edy Pratowo menggelar Peringatan Hari pendidikan Nasional Tahun 2023, di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Prov. Kalteng, Kota Palangka Raya, Selasa (2/5/2023).

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat,” ucap Edy saat membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.

Edy juga mengatakan, bahwa minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setingi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Hal itu kata Edy, sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Edy menuturkan, Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama.

Edy mengajak semua untuk menyemarakkan dengan semangat meneruskan perwujudan merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan Pendidkan yang memerdekakan.

“Sekarang proses belajar mengajar mudah, anak didik bisa belajar dengan baik, merdeka belajar sudah diberikan kebebasan, semua fasilitas ada, tinggal bagaimana cara memanfaatkan,” terang Edy.

Hal senada disampaikan oleh  Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng, Herson B. Aden bahwa Merdeka Belajar adalah sebuah kurikulum yang digunakan untuk SMA/SMK dan SLB, dimana penerapan Merdeka Belajar berbeda dengan Kurikulum 2013.

“Merdeka belajar ini lebih fleksibel dalam rangka proses pembelajaran, dimana nanti guru ada yang namanya Merdeka Belajar dan murid Merdeka Belajar. Hal yang utama dalam kurikulum Merdeka Belajar adalah profil Pelajar Pancasila. Jadi bagaimana seorang siswa menerapkan profil Pelajar Pancasila yakni bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong royong, memiliki kebhinekaan, memiliki inovatif dan kreatif,” pungkasnya. (D0n/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!