Kalimantan Tengah

Kesiapsiagaan Bersama Cegah Ancaman Karhutla

Foto : Tim satgas pemaggulangan karhutla di Kota Palangka Raya saat melakukan pemadaman area lahan terbakar. Foto Ist

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Tim dari BPBD Kota Palangka Raya dibantu dengan para petugas damkar dan juga relawan, sejauh ini tanggap dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Terlebih kejadian karhutla cenderung meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

“Kemarau saat ini dibarengi dengan cuaca panas ekstrem, yang membuat area hutan dan lawan mengering sehingga rawan karhutla,” ungkap Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Hasan Busyairi, Senin (28/8/2023).

Terlepas dari itu ucap legislator dari Fraksi Golkar ini, maka langkah Pemerintah Kota Palangka Raya dalam menangani karhutla patut diapresiasi. Terutama bagaimana sinergi terus dibangun dengan instansi terkait lainnya guna meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap ancaman karhutla ini.

“Memang diperlukan kesigapan dalam menangani karhutla. Terlebih musim kemarau panjang ini puncaknya akan berada di Agustus sampai September 2023,” bebernya.

Maka dari itu lagi-lagi imbuh Hasan, partisipasi semua pihak dalam mencegah karhutla perlu dioptimalkan, sebab sejatinya pemerintah tidak dapat sepenuhnya melakukan pencegahan dan penanggulangan karhutla, tanpa peran serta dari pihak terkait lainnya.

“Termasuk peran serta masyarkat untuk bersinergi dalam mencegah karhutla meluas,”tukasnya.

Intinya tambah Hasan, pada musim kemarau ini diperlukan tindakan dan kesigapan serta langkah antisipasi dari BPBD serta tim-tim terkaitnya. Termasuk peran aktif masyarakat dalam mendukung penanggulangan karhutla.(Red/Vd/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!