DPRD Kota Palangka Raya

Ciptakan Kemandirian Pangan di Pekarangan

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Anna Agustina Elsye, mengajak warga kota setempat untuk menciptakan kemandirian menjaga ketahanan pangan keluarga.

 

Salah satu bentuk nyata kata dia, adalah dengan membangun ketahanan pangan keluarga, dengan cara memanfaatkan pekarangan tempat tinggal. Salah satu contoh budidaya ikan dengan memanfaatkan pekarangan.

 

“Budidaya ikan dengan memanfaatkan pekarangan ini bagi sebagian warga tentu sudah tidak asing lagi, karena banyak yang sudah melakukannya. Baik proses pembesaran maupun pembenihan ikan. Cara ini dirasa cukup menguntungkan dan murah. Terlebih pemberian pakan dapat memanfaatkan sisa makanan atau limbah rumah tangga, seperti potongan sayur-sayuran,” ungkap Anna, Minggu (24/9/2023).

 

Lebih lanjut srikandi DPRD Palangka Raya ini mengungkapkan, banyak keuntungan yang didapat dari budidaya ikan secara mandiri. Dimana ketikan ikan cukup besar, maka dapat dikonsumsi atau bisa juga dijual ke pasar maupun ke tetangga sekitar.

 

“Secara tidak langsung, budidaya ikan secara mandiri ini dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Tterutama dalam mencukupi kebutuhan pangan dirumah,”ucapnya.

 

Terlepas dari itu Anna menganjurkan, sebelum melakukan budidaya ikan di pekarangan maka ada baiknya warga harus menguasai terlebih dulu teknik yang benar sifat biologis ikan. Terlebih banyak jenis ikan yang dapat dibudidayakan dipekarangan rumah, diantaranya ikan patin, mujair, gurame, lele dan nila.

 

“Bila warga benar-benar ingin serius menggeluti budidaya ikan ini, maka harus memiliki pengetahuan terlebih dahulu. Setidaknya mencari sedikit informasi bagaimana cara membudidaya ikan di pekarangan dengan baik dan benar,” ujarnya.

 

Setidaknya tambah Anna, warga bisa mencobanya dari skala kecil terlebih dahulu. Apabila sudah dirasakan mampu berjalan, tidak ada salahnya untuk mencoba dalam skala besar.(Red/Vd/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!