HEADLINEKalimantan TengahPalangka Raya

Pemerintah Kota se-Kalimantan Ingin Bangun Iklim Investasi

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) ke V Komisariat Wilayah (Komwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan di Kota Palangka Raya, yang akan digelar 9 11 Oktober 2018 secara resmi dibuka oleh Pj Sekda Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Rakerwil Apeksi di Kota Cantik Palangka Raya ini, dihadiri Wali Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, Ibnu Sina yang juga merupakan Ketua Apeksi Kalimantan. Selain itu hadir pula Wali Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, Syaharie Jaang. Ketua Kerja Sama Antar daerah Apeksi Pusat, Sukarno, serta perwakilan pemerintah kota se Kalimantan, antara lain Banjarbaru, Pontianak, Singkawang, Balikpapan, Bontang, dan Tarakan. Terlihat pula hadir Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah, anggota DPRD Kota Palangka Raya, unsur OPD dan Forkopimda lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

“Strategi peningkatan investasi di Kalimantan berdasarkan potensi daerah, menjadi tema dari Rakerwil Apeksi di Palangka Raya. Tema ini sejalan dengan isu strategis dalam pembangunan ekonomi saat ini,”ungkap Wali Kota Palangka Raya, Fairid Nafarin dalam sambutan pembukanya, Rabu (10/10) di Hotel Aquarius Palangka Raya.

Dalam kesempatan itu Fairid mengajak pemerintah kota se Kalimantan untuk menyusun strategi dalam peningkatan investasi yang mampu menggaet investor datangh kedaerah terutama lintas pemerintah kota se Kalimantan.

“Kita harap ada kolaborasi dalam meningkatkan investasi berdasarkan kesamaan potensi yang ada di Kalimantan,”tambahnya.

Melalui Apeksi ini kata Fairid, setidaknya ada upaya dalam hal memutus kesenjangan dalam investasi, sehingga tercapai kemajuan kota-kota di Kalimantan secara keseluruhan.

“Bagi Pemerintah Kota Palangka Raya, hingga saat ini terus berupaya membuka terobosan dan inovasi guna meningkatkan kesinambungan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Namun semuanya harus sejalan dengan upaya peningkatan sektor pendapatkan bagi pemerintah daerah,”bebernya.

Sementara itu Pj Sekda Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, mengatakan kondisi wilayah Kalimantan secara umum memiliki banyak keunggulam asalkan dapat dikelola dengan baik.

“Dengan pelaksanaan Rakerwil Apeksi ini diharapkan melahirkan komitmen kerjasama dalam menggali potensi ataupun sektor yang bermanfaat bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat di daertah masing-masing,”harapnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!