Kalimantan TengahPalangka Raya

Bersiap Hadapi Kunjungan Wisnu dan Wisman

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisara (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Guntur Talajan,

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisara (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Guntur Talajan, mengatakan untuk menghadapi membludaknya kunjungan wisatawan, baik wisatawan nusatara (wisnu) maupun wisatawan mancanegara (wisman) saat musim libur panjang lebaran, maka pihak Disbudpar kabupaten/kota terus melakukan kesiapan.

“Pokdarwis, biro perjalanan hingga pelaku usaha kuliner dan lain sebagainya, harus bersiap menyambut kunjungan masyarakat dan wisatawan ke obyek wisata,”ungkapnya, Kamis (23/5/2019).

Jika berkaca pada musim libur panjang lebaran sebelumnya lanjut Guntur, maka jelas terlihat tingginya kunjungan masyarakat termasuk wisnu dan wisman keberbagai obyek wisata yang ada.

“Makanya kita meminta semua kabupaten/kota melalui Diabudpar masing-masing untum bersiap,”ucapnya menekankan.

Kesiapan itu kata dia dapat dilakukan pengembangan langsung di obyek wisata. Mulai dari sarana dan prasarana maupun wahana wisata.

“Faktor keamanan, ketertiban dan kenyamanan pengunjung juga harus diperhatikan,”cetusnya.

Dalam bagian lain Guntur mengatakan, jika jumlah wisatawan ke Kalteng setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Baik jumlah wisatawan domestik, nusantara maupun mancanegara.

“Peningkatan mulai terjadi sejak tahun 2016, dimana wisatawan domestik tercatat masuk sebesar 824.130 orang dan 20.496 orang untuk yang wisatawan mancanegara,”sebutnya.

Setelah itu tambahnya, sedikit demi sedikit jumlah wisatawan terus mengalami kenaikan, pada tahun 2017 tercatat jumlah wisatawan domestik ada sekitar 839.915 orang dan untuk mancanegara ada 26.519 orang.

“Tahun 2018 yang lalu terjadi peningkatan menjadi 952.389 orang untuk domestik dan 38.610 untuk wisatawan mancanegara,”pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!