DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Dewan Kotim Ingin Pelestarian Budaya Dilakukan Secara Terprogram

Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur,Sarjono

Sampit, Gerakkalteng.com-Kebudayaan sangat menggambarkan identitas masyarakat khsusunya bagi warga Kabupaten Kotawaringin Timur.

Oleh sebab itu masyarakat berperan aktif untuk melestarikan kebudayaan daerah yang mulai terkikis seiring perkembangan jaman dan masuknya kebudayaan luar.

Seperti yang disampaikan anggota DPRD Kotawaringin Timur, Sarjono yang tidak ingin kebudayaan daerah ini hilang begitu saja, karena nilai luhur yang begitu besar harus dipertahankan bersama.

“Kebijakan seperti mewajibkan pegawai negeri mengenakan pakaian adat pada hari-hari tertentu, sebagai langkah positif. Kebijakan tersebut harus diterapkan dengan harapan bisa menggugah kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan lokal,” kata Sarjono, Jumat, 17 Mei 2019.

Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur ini juga berharap upaya pelestarian budaya dilakukan secara terprogram. Seperti mewajibkan seluruh sekolah melakukan kegiatan pemberdayaan seni daerah dalam  pendidikan sekolah.

Upaya pelestarian budaya dengan mengajarkan kepada siswa sejak dini dinilai akan efektif. Mengingat, para siswa inilah generasi penerus yang jadi penentu apakah bisa mempertahankan kebudayaan lokal atau malah melupakannya.

“Selain itu pemerintah daerah harus bergandengan tangan dengan masyarakat, khususnya pelaku seni dan budaya untuk melestarikan kebudayaan lokal,” (Ist)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!