DPRD Gunung MasGunung MasHeadline

Jaga dan Pelihara Betang Damang Batu Bersama

"Karena daya tarik utama kenapa orang mau berkunjung ke Tumbang Anoi, yaitu karena mendatangi Betang Damang Batu. Sejarah rumah betang ini sudah dikenal luas, bahkan sampai ke luar negeri," ungkapnya, Jumat (5/7/2019).

FOTO : Jajaran Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas bersama warga Desa Tumbang Anoi ketika gotong royong membersihkan kawasan Betang Damang Batu, Kamis (5/7/2019).

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Masyarakat Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu diimbau, agar memiliki kesadaran serta membantu pemerintah daerah menjaga dan memelihara rumah Betang Damang Batu.

“Karena daya tarik utama kenapa orang mau berkunjung ke Tumbang Anoi, yaitu karena mendatangi Betang Damang Batu. Sejarah rumah betang ini sudah dikenal luas, bahkan sampai ke luar negeri,” ungkapnya, Jumat (5/7/2019).

Sebab itu, kunjungan wisatawan asal luar daerah tersebut seyogianya bisa dimanfaatkan untuk menggenjot perekonomian masyarakat lokal sekitar.

“Garis besarnya, kita harus mencari cara agar para wisatawan itu mau meninggalkan uangnya di desa, baik menyewa perahu, beli souvenir, dan lain sebagainya. Sehingga perputaran uang di Tumbang Anoi semakin banyak,” jelasnya.

Menurutnya, Betang Damang Batu bukan milik perseorangan maupun keturunan tertentu, namun milik seluruh masyarakat Gunung Mas.

“Makanya harus selalu kita jaga dan lestarikan bersama, sehingga nilai historisnya selalu menarik wisatawan berkunjung. Inilah modal utama yang seharusnya menjadi peluang usaha bagi masyarakat yang berkecimpung di dunia kepariwisataan,” katanya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *