DPRD Gunung MasGunung MasHEADLINE

Gelar Pelatihan Guna Tingkatkan Kompetensi Penjahit Lokal

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Sebanyak 10 orang mengikuti pelatihan menjahit tingkat dasar yang digelar Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Gunung Mas. Kegiatan yang dipusatkan di aula Balai Latihan Kerja (BLK) Gunung Mas tersebut dimulai sejak tanggal 30 September hingga 6 Oktober 2019.

Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Gunung Mas, Letus Guntur menuturkan, 10 orang peserta itu kebanyakan kaum ibu rumah tangga yang berasal dari dua kelompok masyarakat di Desa Tumbang Hakau dan Tumbang Lampahung.

“Mereka ini rata-rata sudah berkecimpung dalam dunia jahit menjahit. Jika dinyatakan lulus oleh instruktur, maka para peserta akan diberikan sertifikat dan berhak mengikuti pelatihan tingkat terampil,” ungkapnya, Rabu (2/10/2019).

Menurutnya, tujuan utama digelarnya pelatihan menjahit ini adalah peningkatan keterampilan, kualitas produk dan sumber daya manusia (SDM). Sehingga para peserta dinyatakan berkompeten dan mumpuni dalam dunia menjahit.

“Sebab masih ada paradigma di masyarakat yang enggan menggunakan jasa para penjahit yang ada di desa. Selain itu, kebanyakan penjahit di Gunung Mas berasal dari luar daerah. Maka melalui kegiatan ini, diharapkan penjahit lokal kita mampu bersaing,” katanya.

Pada tahun 2018 lalu, pihaknya juga telah menggelar pelatihan serupa yang diikuti sebanyak 15 orang peserta. Rencananya tahun 2020 nanti, bakal dilaksanakan pelatihan menjahit tingkat terampil.

“Kami telah menganggarkan program pelatihan jahit tingkat dasar untuk 40 orang dan tingkat terampil untuk 25 orang tahun 2020. Jika usaha mereka nantinya berkembang, maka pemerintah bisa menyalurkan bantuan hibah sebagai modal usaha,” pungkasnya. (agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!