HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Antisipasi Karhutla, Kalteng Dapat Dukungan Helikopter

FOTO: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendapat Bantuan (Support) satu unit Helikopter, untuk penanganan Karhutla.

GERAKKALTENG.COM – PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menerima helikopter water boombing dari BNPB pusat. Bantuan tersebut sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sulit di jangkau. Datangnya heli lengkap dengan lima kru tersebut atas permintaan Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran selaku Komandan Satgas Karhutla Kalteng, beberapa waktu lalu.

Gubernur Sugianto, melalui H. Darliansjah selaku Wakil Komandan Satgas, hari ini menerima dukungan dari BNPB berupa satu unit heli Water Bombing di Bandara Tjilik Riwut, Rabu (15/7/2020) bersama pilot asal Kanada dan mengangkut lima orang kru.

“Permintaan yang diajukan oleh komandan Sagtas karhutla, pa Gubernur Sugianto Sabran beberapa waktu lalu untuk mengantisipasi dan mencegah karhutla di Kalteng. Heli WB ini akan digunakan untuk mengantisipasi dan penanggulangan Karhutla di Kalteng terutama pada lokasi kejadian kebakaran yang tidak dapat dijangkau pemadamannya oleh satgas darat. Dan saat ini sudah datang. Ini dukungan dari BNPB untuk kesiagaan Karhutla di Kalteng ,” kata Darliansjah.

Selanjutnya, heli tersebut selain dapat melakukan patroli titik panas juga melakukan upaya pemadaman.

“Pesan pa gubernur, agar dalam operasi Water Bombing tetap selalu memperhatikan aspek keselamatan, keamanan dan juga efektivitas,” ucapnya. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!