DPRD Gunung MasGunung Mas

Orang Tua Diimbau Tanamkan Kecintaan Anak Terhadap Batik Lokal

”Sebagai orang tua, harus selalu menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap batik kepada anak sejak usia dini. Dengan demikian, kedepannya produk batik akan selalu terjaga dan lestari,” ucap Cici, di Kantor DPRD setempat, Senin (5/10/2020).

Gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Cici Susilawati mengajak seluruh orang tua di daerah ini, untuk selalu menanamkan kecintaan terhadap batik kepada anak mereka sejak usia dini.

”Sebagai orang tua, harus selalu menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap batik kepada anak sejak usia dini. Dengan demikian, kedepannya produk batik akan selalu terjaga dan lestari,” ucap Cici, di Kantor DPRD setempat, Senin (5/10/2020).

Dia mengatakan, salah satu yang dapat dilakukan para orang tua yakni dengan membiasakan anak memakai batik pada hari-hari tertentu. Misalnya, ketika menghadiri suatu acara atau kegiatan, orang tua dapat menyiapkan baju batik, sehingga mereka mengenakan batik saat menghadiri acara atau kegiatan itu.

”Saat menghadiri undangan pernikahan atau beribadah, orang tua juga dapat menyiapkan baju batik agar dikenakan anak. Itu salah satu cara yang dapat kita lakukan agar anak mencintai dan bangga mengenakan batik,” ujar Politikus Partai Demokrat ini.

Secara khusus, dia berharap Hari Batik Nasional yang dirayakan pada setiap 2 Oktober, bisa dijadikan sebagai momentum bagi seluruh masyarakat untuk menumbuhkan rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap batik, khususnya kepada anak-anak mereka.

”Saya pribadi memiliki kecintaan terhadap batik, khususnya batik benang bintik yang memiliki berbagai motif seperti batang garing, huma betang, ukiran, dan lainnya,” tutur Cici.

Legislator dari daerah pemilihan (dapil) II mencakup Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya ini mengatakan, batik benang bintik memiliki ciri khas tersendiri yang unik, menarik, bagus, dan tidak kalah baiknya jika dibandingkan batik daerah lain.

”Kita sebagai penduduk Provinsi Kalteng harus mencintai dan bangga dengan batik benang bintik. Salah satu kebanggaan tersebut dapat ditunjukkan dengan mengenakan batik benang bintik pada hari-hari tertentu,” tandasnya. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!