Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

RSUD Tamiang Layang Baru Memiliki Mesin PCR

"Dikarenakan untuk memasukkan spesimen hasil pemeriksaan Covid-19 salah satunya harus tersedia ruangan tranform," ujar dr Vinny Safari, Senin (28/6/2021).

FOTO : Direktur RSUD Tamiang layang, dr. Vinny Safari.

Gerakkalteng.com – Tamiang layang – Akhirnya rumah sakit umum daerah (RSUD)Tamiang Layang di Kabupaten Barito Timur, sudah miliki mesin Polymerase Chain Reaction (PCR). Alat untuk mendiagnosa Covid-19 tersebut rencananya akan dilakukan uji fungsi dalam waktu dekat ini.

Kabar gembira tersebut disampaikan, Direktur RSUD Tamiang layang, dr. Vinny Safari mengatakan, satu set mesin PCR telah dimiliki namun masih menunggu untuk sepenuhnya bisa dipergunakan.

Rumah sakit sedang mengupayakan untuk mengakomodasi ruang di laboratorium suapay sesuai pengoperasian seperti, tidak boleh bergabung dengan alat medis lainnya (khusus) serta ruangan harus di steril.

“Dikarenakan untuk memasukkan spesimen hasil pemeriksaan Covid-19 salah satunya harus tersedia ruangan tranform,” ujar dr Vinny Safari, Senin (28/6/2021).

Selanjutnya, dengan uji fungsi PCR masih menunggu izin dari Dinas Kesehatan dengan harapan bisa segera dilaksanakan dalam waktu ini. Izin operasional juga akan diberikan apabila rumah sakit telah melengkapi persyaratan.

“Ruangan sudah sedia tinggal menyesuaikan sesuai ketentuan dan peraturan berlaku,” ujar direktur RSUD Tamiang layang.

Lanjut, disampaikan direktur cantik ini dengan adanya PCR, daerah seakan mudah dan cepat mendekteksi Covid-19. Dengan spesimen tidak perlu lagi dikirim ke Provinsi serta diagnosa cepat diketahui untuk mengambil langkah penanganan.

Dikatakannya, RSUD Tamiang Layang sebagai salah satu fasilitas umum kesehatan di wilayah DAS Barito yang perlu diketahui pertama kali miliki mesin PCR.

Dengan adanya operasionalnya alat medis tersebut diharapkan mampu memberikan pendapatan rumah sakit, sebab kabupaten tetangga terdekat lebih mudah menjangkau apabila membutuhkan uji spesimen Covid-19. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *