DPRD Kalimantan TengahHEADLINEKalimantan Tengah

Dewan Kalteng : Proses Pemekaran Kotawaringin Tak Semudah Dibayangkan

FOTO : Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Fredy Ering menyebut proses pemekaran DOB Kotawaringin masih panjang dan jauh. Proses ini tak semudah yang dibayangkan.

Gerakkalteng.com – Palangka Raya  – Kalangan dewan provinsi Kalimantan Tengah mengingatkan bahwa walaupun proses pemekaran provinsi Kotawaringin sudah lolos di Kalteng namun nantinya masih panjang dan jauh. Kalangan dewan juga mengungkap bahwa pengajuan Daerah Otonomi Baru atau DOB tidak semudah yang dibayangkan.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Freddy Ering kepada Gerakkalteng.com. Fredy mengungkap, pengusulan DOB dijamin penuh oleh Undang Undang dan menyesuaikan kondisi daerah setempat. Usulan DOB ini juga mempertimbangkan kondisi sosiologis, psikopolitik dan juga historis. ia juga mengingatkan bahwa saat ini pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium pemekaran daerah karena menyedot anggaran besar terlebih di saat pandemic saat ini.

Pemekaran saat ini masih dimoratorium karena memakan dana APBN yang cukup besar. Sehingga pengajuan DOB Kotawaringin masih belum ditampung dan diproses . Moratorium ini juga tidak diketahui secara pasti akan diberlakukan hingga kapan. Dengan demikian, Kalangan dewan mengungkap bahwa proses DOB Kotawaringin ini tidak semudah yang dibayangkan. Walaupun proses ini sudah lolos di Kalimantan Tengah, namun proses ini masih panjang dan jauh. Ia menyebut masih banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk melangkah kepada pemekaran dan harus dipenuhi oleh pihak pengusul. “Walau demikian, Kalangan dewan tidak bisa menolak aspirasi dan pengusulan pemekaran wilayah ini, karena dijamin oleh Undang undang”, jelasnya. (AW/ST)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *