EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Dinding SMP Kristen Sampit Disulap Jadi Mural

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Sampit berhasil menyulap dinding sekolahnya menjadi sebuah karya yang memukau. Kolaborasi antara guru dan murid di sekolah setempat menghasilkan karya pada dinding sekolah.
“Dinding sekolah itu berbahan kayu, awalnya terlihat kusam dan tidak menarik akhirnya kita kreasikan dengan mengusung tema ekologis lingkungan. Saya melihat ini harus dibuat menarik di satu sisi tidak mungkin merenovasi karena biayanya besar,” kata Junjung Desem Kepala SMP Kristen Sampit, Kamis 13 Oktober 2022.
Setelah berpikir demikian lanjutnya, muncullah ide untuk menggambar dinding ini, karena dengan biaya sedikit tetapi menghasilkan sesuatu yang menarik.
“Para guru bersama siswa lainnya mengerjakan dinding sekitar 8 kali 4 meter. Kami memanfaatkan waktu-waktu luang hingga kegiatan pelajaran seni budaya untuk melukis dinding tersebut,” jelasnya.
Dalam gambar dinding tersebut, digambar dengan motif pemandangan dan tidak lupa pihaknya cantumkan gambar burung enggang yang mana menjadi salah satu burung yang selama ini menjadi simbol untuk Suku Dayak. Menurutnya kreasi dan seni itu juga ditularkan kepada siswanya. Ternyata talenta dari muridnya sendiri banyak yang memiliki kemampuan melukis di dinding tersebut.
“Makanya kedepan kami akan coba lagi untuk membuat sekolah ini semenarik mungkin dan tempat yang nyaman bagi anak-anak untuk menimba ilmu,” tegasnya. (rik/aga)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *