EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Berikut Keuntungan Menjadi Sekolah Penggerak

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).
“Sekolah Penggerak adalah katalis untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia, sehingga dengan menjadi sekolah penggerak maka dengan kata lain membantu meningkatkan mutu pendidikan kita,” kata Fasilitator Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Tengah, Rusnanie.
Program Sekolah Penggerak jelasnya, terdiri dari lima intervensi yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan, pertama pendampingan konsultatif dan asimetris. Yaitu program kemitraan antara Kemendikbud dan pemerintah daerah dimana Kemendikbud memberikan pendampingan implementasi Sekolah Penggerak.
“Kedua, Penguatan SDM Sekolah. Yakni Penguatan Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Penilik, dan Guru melalui program pelatihan dan pendampingan intensif (coaching) one to one dengan pelatih ahli yang disediakan oleh Kemdikbud,” sebutnya.
Selanjutnya, pembelajaran dengan paradigma baru yaitu pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter yang sesuai nilai- nilai Pancasila, melalui kegiatan pembelajaran di dalam dan luar kelas.
“Keempat, perencanaan berbasis data, yaini manajemen berbasis sekolah dengan perencanaan berdasarkan refleksi diri sekolah. Dan kelima digitalisasi sekolah, yaitu penggunaan berbagai platform digital bertujuan mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi, menambah inspirasi, dan pendekatan yang customized,” jelasnya. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *