EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Manfaatkan Halaman Sekolah Menjadi Apotek Hidup

“Apotek hidup itu dibuat langsung oleh murid kami dan dibimbing oleh wali kelasnya. Ini juga salah satu pendidikan karakter untuk mencintai lingkungan,” kata Kepala SDN 3 Baamang Hilir Sampit Sumiyati, Rabu 23 November 2022. Disebutnya, pembuatan apotek hidup itu dilakukan, Jumat 11 November 2022 lalu. 

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Baamang Hilir ciptakan apotek hidup di lingkungan sekolah. Ini bertujuan untuk memberikan edukasi dini terhadap murid bahwa daerah ini memiliki kekayaan tanaman obat yang melimpah dan banyak manfaat.

“Apotek hidup itu dibuat langsung oleh murid kami dan dibimbing oleh wali kelasnya. Ini juga salah satu pendidikan karakter untuk mencintai lingkungan,” kata Kepala SDN 3 Baamang Hilir Sampit Sumiyati, Rabu 23 November 2022. Disebutnya, pembuatan apotek hidup itu dilakukan.

Taman sekolah yang biasanya hanya ditanami dengan berbagai jenis bunga, di sekolah tersebut sebagian besar adalah tanaman toga. Dirinya berharap dengan toga menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Selain itu mendidik  siswa untuk kegiatan bercocok tanam serta memahami jenis tanaman untuk bisa menjadi obat,” ujarnya.

Lanjutnya, apotek hidup ini juga dapat bermanfaat untuk melengkapi ketersediaan obat herbal bagi siswa dan siswi yang membutuhkan.

“Kami berharap agar tanaman obat dapat mendukung sistem ketahanan kesehatan di sekolah. Tanaman obat dapat dimanfaatkan untuk pencegahan awal penyakit ringan. Jadi yang membutuhkan siswa bisa memanfaatkan langsung,” harapnya.

Ada beberapa jenis tanaman obat yang ditanam antara lain serai, dan lidah buaya, kunyit dan jahe yang diketahui memiliki seribu manfaat bagi kesehatan tubuh. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!