DPRD Gunung MasGunung Mas

Curah Hujan Tinggi, Warga Gumas Diminta Waspada

FOTO : Anggota DPRD Gumas, Lily Rusnikasi bersama rekannya tengah berbincang di ruang kantor dewan setempat.

GERAKKALTENG. com – Kuala Kurun – Anggota DPRD Gunung Mas (Gumas) Lily Rusnikasi, mengingatkan masyarakat yang tinggal didataran rendah, agar tetap waspada dengan penomena pancaroba. Seperti, tingginya intensitas curah hujan yang dapat memicu banjir.

“Intensitas curah hujan di wilayah Gumas saat ini mulai ada peningkatan, sebab hampir setiap hari pasti ada hujan. Hal ini bisa saja memicu terjadinya banjir,”ungkapnya, Rabu (9/3/2022), di Gumas.

Masyarakat lanjut srikandi PDI Perjuangan di Gumas ini, masyarakat pasti merasakan jika dalam beberapa bulan terakhir ini hampir tidak adanya perubahan iklim ke musim kemarau. Sedari itu masyarakat perlu mengantisipasi dalam hal kesiapan menghadapi ancaman banjir.

“Khususnya bagi masyarakat di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Gumas ini, perlu ada kesiapan dan selalu waspada dalam menghadapi ancaman banjir,”tukasnya.

Sedangkan bagi pemerintah imbuh Lily, terus melakukan pemantauan. Bahkan sejak dini menyiapkan kawasan yang aman, kesiapan cadangan bantuan logistik dan obat-obatan.

Sementara itu ditempat terpisah, Sekretaris BPBD Kabupaten Gunung Mas, Karya, menyampaikan, berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG dimana sejak bulan Januari, Februari hingga Maret ini, curah hujan terus mengalami peningkatan.

“Prediksi BMKG, curah hujan mencapai 201-300 mm. Hingga Maret ini hujan diperkirakan cenderung meningkat. Mulai dari tingkat sedang hingga curah hujan tinggi,” pungkas dia.(spt/sst)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!