Barito TimurHEADLINE

Imbau Warga Buang Sampah pada Tempatnya

"Tujuannya agar sampah tersebut tidak diganggu binatang dan tidak berserakan. Sehingga udara di lingkungan sekitar tidak tercemar akibat dari bau tak sedap yang timbul dari tumpukan sampah," ungkap Lurikto, Senin (28/3/2022).

Foto : Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Barito Timur membersihkan sampah di luar bak sampah, Senin (28/3/2022).

GERAKKALTENG.com – Tamiang Layang – Kesadaran sejumlah masyarakat maupun warga akan kebersihan lingkungan dinilai masih minimal, terutama membuang sampah yang berada di sekitar Kecamatan Dusun Timur. Sampah ditempat pembuangan ini berserakan hingga di luar penampungan.

Pasalnya sejumlah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di beberapa titik kecamatan ditemukan sampah berserakan di luar bak penampungan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Timur, Lurikto meminta agar masyarakat selalu membuang sampah pada tempatnya.

“Tujuannya agar sampah tersebut tidak diganggu binatang dan tidak berserakan. Sehingga udara di lingkungan sekitar tidak tercemar akibat dari bau tak sedap yang timbul dari tumpukan sampah,” ungkap Lurikto, Senin (28/3/2022).

Dengan membuang sampah pada tempatnya, ujar Lurikto, masyarakat juga ikut membantu petugas kebersihan, mempercepat proses pengangkutan sampah. Untuk saat ini, kata Lurikto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Timur, sudah mengerahkan beberapa petugas kebersihan untuk segera menangani maslah sampah tersebut. Mereka sudah menjalankan tugas setiap hari sesuai rute yang ditetapkan.

“Kegiatan rutin petugas persampahan untuk mengangkut sampah di TPS dan bersih-bersih lingkungan TPS terus dilakukan. Salah satu contoh Minggu (27/3/2022) kemarin petugas kebersihan melakukan kegiatan rutin di TPS Janah Munsit. Mereka membersihkan sampah yang berserakan di luar TPS,” kata dia.

Ia juga mengatakan, kebersihan lingkungan tidak hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah saja, tapi juga tanggungjawab masyarakat. Caranya dengan membuang sampah pada tempatnya, agar lingkungan tetap bersih.

“Membuang sampah pada tempatnya sama dengan menjaga lingkungan tetap bersih, dan juga membantu petugas kebersihan,” pungkasnya. (Ags/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *